Tim Pemkab Tangerang Dorong RSUD Pakuhaji Bisa Berstatus BLUD

JAJARAN RSUD Pakuhaji bertekad akan terus berusaha meningkatkan mutu layanan. Ini diwujudkan dari perumusan rencana kegiatan, jadwal kegiatan, kelengkapan dokumen, sampai pelaksanaan sosialisasi dan pendampingan.

Rangkaian kegiatan ini, dilakukan jajaran RSUD itu untuk mencapai RSUD Pakuhaji selaku BLUD (Badan Layanan Umum Daerah). Disebabkan sampai saat ini status RSUD Pakuhaji masih terkategori UPT (Unit Pelaksana Teknis) yang anggaran keuangannya masih dibantu Dinas Kesehatan Kabupaten sehingga belum mandiri.

Oleh karena itu, RSUD Pakuhaji saat ini terus berusaha agar dapat mencapai status BLUD dengan target pada Januari 2020 sudah bisa mendapatkan SK Bupati Tangerang tentang status BLUD-nya.

Sekda Kabupaten Tangerang Drs H Rudi Maesyal Rasyid saat kunjungan pembinaan ke RSUD Pakuhaji, pekan lalu, mengharapkan RSUD Pakuhaji bisa secepatnya berstatus BLUD agar RSUD ini bisa lebih maksimal lagi dalam memberi layanan kesehatan kepada masyarakat.

Diharapkannya pihak RSUD bisa segera memenuhi kebutuhan rumah sakit terbaiknya agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat menjadi lebih baik lagi. “Untuk itu diharapkan segera bisa diwujudkan pencapai RSUD BLUD,” ucapnya.

Terkait itu, Tim Penilai Pemda Kabupaten Tangerang yang diketuai Sekda Kabupaten Tangerang didampingi Kepala BKAD/PPKAD, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Inspektorat dan Pejabat Pengola BLUD, akan terus mendorong pencapaian status itu.

Sementara dr Ferry Irwansyah, Kepala Bidang Penunjang RSUD Pakuhaji, menjelaskan untuk mencapai RSUD BLUD tentunya harus dilengkapi dengan tujuan akan dicapai.

Di antaranya dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan lebih baik lagi dan memiliki fleksibilitas mengelola pendapatan RSUD.

“Kalau sudah berstatus BLUD maka rumah sakit sudah bisa mengelola keuangannya sendiri. Dengan demikin bisa memberikan jasa pelayanan dan jasa medis kepada para pegawai, yang pada gilirannya bisa meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat,” pungkas dr Ferry Irwansyah.