20 Murid Kelas 4 & 5 SDN Suradita Terpilih Jadi Dokter Kecil

PUSKESMAS Suradita membentuk kelompok dokter kecil (dokcil) di SDN Suradita, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Selasa (17/9/2019).

Kelompok dokcil ini nantinya bertugas untuk meningkatkan kesadaran para murid, keluarga, dan jajaran sekolah menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menggugah para murid lainnya mau menjadi penggerak hidup sehat diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekolah.

Pelaksanaan program ini dilakukan Petugas Pemegang Program Kesehatan Sekolah pada Puskesmas Suradita. Kelompok dokcil di SDN Suradita ini anggotanya terdiri dari 20 murid kelas 4 dan kelas 5, serta 1 guru pendamping.

Kepala Puskesmas Suradita, dr Zairin Rambe, menjelaskan pembentukan dokcil di sekolah-sekolah bertujuan membentuk karakter dan kepribadian para murid, guru, dan keluarga besar sekolah untuk mau menerapkan PHBS.

“Untuk itu saya berharap para dokcil terpilih bisa mengajak teman-teman di sekolah, lingkungan rumah terutama anggota keluarganya masing masing, untuk bisa menerapkan PHBS dan melakukan tata-cara mencuci tangan dengan baik dan benar,” paparnya.

Sementara drg Afiatni Rulias, Pemegang Program Kesehatan Sekolah pada Puskesmas Suradita, menjelaskan para dokcil sudah diserahi kewajiban dan tanggung-jawab untuk selalu bersikap dan berprilaku hidup sehat.

Lalu, mereka pun harus dapat menggerakkan teman-temannya secara bersama-sama menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing, berusaha membangun kesehatan di sekolah dan di rumah, serta dapat membantu guru dan petugas kesehatan pada waktu pelayanan kesehatan di sekolah.

“Para dokcil juga harus dapat berperan aktif dalam upaya peningkatan kesehatan sekolah, di antaranya aktif ikut-serta dalam penyelenggaraan pekan kebersihan, pekan gizi, pekan penimbangan BB dan pengukuran TB, pekan kesehatan gigi, pekan kesehatan mata, dan lain-lain kegiatan kesehatan di sekolah,” ucap drg Afiatni Rulias.

“Serta yang tidak kalah penting bahwa sekolah ini akan menjadi percontohan buat pembentukan dokcil di sekolah-sekolah lainnya,” pungkas Pemegang Program Kesehatan Sekolah pada Puskesmas Suradita.