Puskesmas Pasir Jaya Bentuk Kepal Nasi Kelurahan Bunder

PETUGAS Puskesmas Pasir Jaya bersama kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kelurahan Bunder, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, mengadakan kegiatan Kelompok Peduli Anak Indonesia (Kepal Nasi).

Kegiatan yang berlangsung ramai ini dimaksudkan untuk menekan angka anak bergizi kurang, terkena stunting, ataupun bergizi buruk, yang memang masih ditemukan kasusnya di wilayah itu.

Kepala Puskesma Pasir Jaya, dr Ai Siti Zakiah, Sabtu (14/9/2019), menjelaskan selama ini pihaknya bersama para kader posyandu sebenarnya terus berupaya mensosialisasikan peningkatan gizi balita serta lakukan pencegahan stunting.

Namun ternyata masih belum berhasil maksimal. Saat ini masih ada catatan data 10 anak bergizi kurang, 1 anak kekurangan gizi, dan 2 anak terkategori stunting.

Oleh karena itu, ungkap dr Ai Siti Zakiah, pihaknya kini berupaya membentuk kegiatan “Nasi Kepal”. Kegiatan ini diawali dengan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan anak, mengukur tinggi dan berat badan.

Lalu, para ibu pemilik balita yang anaknya masuk dalam kategori bergizi kurang, bergizi buruk, atau stunting, diberikan pembinaan tentang penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan penerapan 6 langkah mencuci tangan dengan baik.

“Yang tidak kalah penting, di sini para ibu itu mendapatkan pengetahuan tentang upaya-upaya peningkatan gizi anak, serta tata-cara memasak dan penyajian makanan agar anak dapat tumbuh kembang dengan baik,” katanya.

Selanjutnya pada 10 hari pertama pasca kegiatan, dilakukan evaluasi kesehatan anak-anak itu. Lalu, pada 10 hari kedua, kembali dilakukan evaluasi untuk melihat perubahan pada pertumbuhan anak.

Diakui dalam pelaksanaan kegiatan ini, tidak bisa dilakukan oleh tim kesehatan saja, tetapi juga membutuhkan peran-serta dari semua pihak, semisal keluarga, masyarakat, dan tokoh masyarakat.

“Diharapkan pula kepedulian dari perusahaan atau pengusaha yang ada di lingkungan untuk membantu upaya-upaya meningkatkan gizi anak-anak itu secara seimbang,” ucap dr Ai Siti Zakiah.