Puluhan Petugas Puskesmas Jambe Ikuti Tes Kebugaran Tubuh

SEDIKITYA 50 Petugas Puskesmas Jambe mengikuti Tes Kebugaran dengan melakukan Jalan Cepat Sejauh 1.600 Meter yang dilaksanakan di Lapangan Kecamatan Jambe.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 6 dan 7 September 2019 ini, diawali dengan peserta mengikuti pemeriksaan kesehatannya terlebih dahulu, dimulai dengan memeriksa anamnesa, riwayat penyakit, dan mengecek tekanan darah.

“Selanjutnya peserta melakukan pemanasan peregangan otot, kurang lebih 10 menit…” ungkap dr Astrid, Kepala Puskesmas Jambe saat ditemui Jumat (13/9/2019).

Lalu hasil pencatatan waktu berjalan cepat yang dilakukan berikutnya, dicatat ke dalam buku KMB (Kartu Menuju Bugar) untuk menentukan kategori kebugaran petugas puskesmas, sesuai jenis kelaminnya.

Di dalam KMB yang diberi nilai hasilnya adalah berkategori baik, cukup, atau kurang. “Untuk kali ini rata-rata hasil tes kebugaran peserta masuk dalam kategori cukup,” papar dr Astrid.

Sementara tujuan dari kegiatan ini, kata kepala puskesmas ini, adalah untuk mengukur sejauhmana tingkat kebugaran para peserta sehingga ke depannya bisa dioptimalkan kebugarannya, serta diupayakan membiasakan aktivitas fisik pada keseharian.

“Dengan cara ini pada akhirnya akan dapat mengurangi faktor resiko terkena penyakit tidak menular, semisal stroke, penyakit jantung koroner, ataupun diabetes melitus,” pungkas dr Astrid.