Kinerja KIH Tigaraksa Dapat Penilaian TP PKK Kabupaten Tangerang

KELAS Ibu Hamil (KIH) Kelurahan Tigaraksa yang telah mendapat pembinaan Puskesmas Tigaraksa dengan baik, akhirnya terpilih untuk mengikuti Lomba KIH Tingkat Kabupaten Tangerang.

Penilaian atas kinerja KIH Kelurahan Tigaraksa telah dilakukan Tim Penilai dari TP PKK Kabupaten Tangerang didampingi unsur dari Dinkes Kaupaten Tangerang dan Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang, belum lama ini.

Penilaian sendiri dilangsungkan berbarengan dengan Sosialisasi Gerakan Gemar Makan Ikan (Gemari), yang saat ini terus digencarkan di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang.

Terkait kinerja KIH Kelurahan Tigaraksa, para Petugas Puskesmas Tigaraksa dibantu bidan desa memang telah melakukan pembinaan secara baik kepada para ibu hamil di sana dengan panduan buku KIA dan melaksanakan senam kehamilan kepada para ibu hamil saat kandugannya memasuki usia kehamilan 7 bulan.

Kepala Puskesmas Tigaraksa, drg Hj Eko Hartati MARS, Rabu (11/9/2019), menjelaskan tujuan dibentuknya kelas ibu hamil untuk meningkatkan pengetahuan para ibu hamil tentang upaya-upaya kesehatan diri dan kandungannya, serta untuk merubah perilaku para ibu hamil pada upaya kesehatan diri dan kandungannya.

Di KIH ini, para ibu hamil mendapat pengetahuan tentang kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir dengan baik sesuai anjuran kesehatan. Sisi lainnya, tentunya, sebagai pelaksanaan program menekan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir.

“Selain itu, di dalam kelas ibu hamil, para ibu hamil yang berhimpun pun bisa bertukar pengalaman dan belajar tentang kesehatan selama kehamilan sampai melahirkan anaknya,” katanya.

Ditambahkan drg Hj Eko Hartati MARS, pihaknya juga bekerja-sama Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang memberikan pengetahuan tentang pengolahan ikan yang baik.