Jaga Kesehatan Pekerja, Puskesmas Suradita Bentuk Pos UKK Dandang

MENINGKATKAN derajat kesehatan dasar pekerja formal dan informal di Kampung Dandang, RT 01/RW 01 Desa Dandang, Kecamatan Cisauk, Puskesmas Suradita membentuk Pos UKK (Usaha Kesehatan Kerja) Dandang.

Pembentukan pos ini dilaksanakan Pemegang Program Kesehatan dan Olahraga (Kesjor) pada Puskesmas Suradita pada Sabtu (7/9/2019). Program UKK adalah program yang berupaya meningkatkan derajat kesehatan dasar pekerja dengan bersumber-daya masyarakat.

Aldi Tria Sandi SKM, Pemegang Program Kesjor pada Puskesmas Suradita, menjelaskan Pos UKK sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja formal dan informal.

“Utamanya di dalam upaya promotif-preventif kesehatan untuk melindungi pekerja agar hidup sehat, terbebas dari gangguan kesehatan, dan pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaannya,” kata Aldi Tria Sandi SKM.

Adapun prinsip pengembangan Pos UKK adalah dari, oleh, dan untuk pekerja, tenaga kesehatan, serta pengembangan pengetahuan untuk munculnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan pekerja terhadap risiko dan bahaya akibat pekerjaannya.

“Sementara manfaat pos UKK bagi pekerja, mereka akan dapat mendeteksi secara dini permasalahan kesehatan kerja dan memperoleh pelayanan kesehatan,” tambah Aldi Tria Sandi SKM.

“Kami membentuk Pos UKK Dandang inipun atas permintaan masyarakat pekerja,” pungkasnya.