Disosialisasi Kesehatan & Keamanan Pangan di Lingkungan Ponpes

MEMBERI pengetahuan tentang jajanan pangan sehat dan aman di lingkungan pondok pesantren, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Sosialiasi Kesehatan dan Keamanan Jajanan kepada santri, pedagang jajanan, dan pengurus pondok pesantren.

Acara dilaksanakan Rabu (4/9/2019) menyertakan para santri, pedagang jajanan dan pengurus dari 2 ponpes, yaitu YPI Pondok Pesantren Fathurrobbaaniy Cisoka dan Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Tigaraksa.

Acara berlangsung di Aula Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin ini diselenggarakan Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan pada Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Tampil 3 narasumber dari Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. Ketiganya, Desi Tirtawati S.Farm Apt memaparkan materi Penguatan Peran Komunitas Pondok Pesantren Untuk Menjamin Keamanan Pangan.

Titik Pebrianto STP menyajikan materi Lima Kunci Keamanan Pangan. Dude Sadwaludin ST menyajikan materi tentang Higiene Sanitasi di Ponpes.

Desi Tirtawati S.Farm Apt, Kepala Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan, menjelaskan kegiatan ini sebagai salah-satu cara pengenalan pangan jajanan anak sekolah yang harus memenuhi persyaratan kesehatan dan keamanan pangan.

“Bila tidak, maka jajanan pangan itu dapat membahayakan kesehatan yang mengkonsumsinya,” katanya.

Oleh karena itu, “dalam kegiatan ini kita melibatkan peran aktif dari komunitas sekolah, yang terdiri dari pihak sekolah, pedagang dan para santri,” tambah Desi Tirtawati S.Farm Apt.

Selain pembinaan tentang pentingnya kesehatan dan keamanan pangan, pihak pesantren juga diberikan stimulan berupa alat memasak yang bisa menjaga kesehatan makanan dan melindung diri saat memasak, di antaranya celemek, masker, sarung tangan, dll.