Tayangan Video Kesehatan Disenangi Pasien Puskemas Jalan Emas

MEMBERIKAN pengetahuan kesehatan kepada pengunjung, Puskesmas Jalan Emas di Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, menyajikan video tentang kesehatan di ruang tunggu pasien.

Video tentang kesehatan ini di antaranya menyajikan tayangan tata-cara mencuci tangan pakai sabun, tata-cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat, tentang pencegahan penyakit diabetes, tata-cara menanam toga dan manfaatnya, gejala struk, anemia, dan informasi kesehatan lainnya.

Tayangan video ini mendapat sambutan positif pengunjung karena selain mampu mengusir keisengan menunggu antrean layanan, tayangan video berisi informasi dan pengetahuan kesehatan ternyata mampu memberi pencerahan tentang kesehatan bagi mereka.

Kepala Puskesmas Jalan Emas, dr Yasmina Erdiani, Selasa (3/9/2019), menjelaskan tayangan vidio ini diputar di setiap harinya di waktu dan hari kerja. “Ternyata tayangan video ini disukai pengunjung.”

Sebab itu, tambahnya, sesekali ditayangkan juga film anak-anak yang mencontohkan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan, sehingga bisa pula menarik perhatian pengunjung anak-anak.

Diakui dr Yasmina Erdiani, sampai kini tayangan video itu masih sebanyak satu TV yang ditempatkan di ruang tunggu pasien. Sesuai rencana ke depan akan ada penambahan TV tayangan videonya, semisal di depan Poli Anak dan Poli Gigi, yang cukup banyak pasiennya di setiap harinya.

Menurut survai kepada beberapa pengunjung, didapat bukti mereka menyukai informasi seputar kesehatan yang ditayangkan. Selain didapat informasi kesehatan dalam teks yang ditayangkan, juga bisa dilihat praktik cara melakukannya, semisal tata-cara mencuci tangan yang baik dan benar.

“Semoga saja penyuluhan tentang kesehatan serupa ini bisa memberi pemahaman kepada masyarakat dan bermanfaat,” harap dr Yasmina Erdiani.