Tim UKS/M Dinkes Lakukan Pembinaan UKS SMPN I Kelapa Dua

TIM Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melakukan pembinaan kepada pelajar dan dewan guru SMPN I Kelapa Dua di wilayah Kelurahan Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua.

Pembinaan berdasarkan permohonan Kepala SMPN I Kelapa Dua bagi para pelajar, guru pembina UKS, dewan guru, PMR, Pramuka dan para pedagang kantin sekolah ini dilaksanakan di aula sekolah, 26-27 Agustus 2019.

Tampil narasumber Tim UKS/M dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, di antaranya Imam Sutopo dengan materi program Kurangi Sampah di Sekolah Kita (Kurasaki), Saeful Anwar dengan materi Sanitasi Sekolah, H Abdul Aziz SIP dengan materi Kebijakan Program UKS, dr Yekti Wulandari dengan materi Trias UKS, dan Dude Sadwaludin ST dengan materi Kantin Sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hj Desiriana Dinardianti MARS sebagai Ketua II UKS/M Kabupaten Tangerang, mengharapkan sekolah-sekolah mau melakukan pengajuan permohonan pembinaan UKS di sekolahnya dengan tujuan terciptanya kesehatan di lingkungan sekolah-sekolah mereka.

Langkah ini perlu dilakukan pihak sekolah agar pembinaan menjadi efektif dan efisien karena pihak sekolah telah siap mendapatkan pembinaannya.

“Harus diketahui, sekolah sehat berperanan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah itu, yang pada gilirannya bisa mengangkat nama harum sekolah tersebut,” kata dr Hj Desiriana Dinardianti MARS.

Di dalam pembinaan sendiri, dipaparkannya, tim pun akan melakukan pengujian sampel makanan jajanan di kantin sekolah dengan 14 item pengujiannya dengan metoda Rapid Test.

Intinya, tim perlu memeriksa apakah jenis-jenis jajanan yang dijual mengandung zat berbahaya bagi kesehatan, semisal mengandung Borax, Rodamin B, atau Formalin, ungkap  dr Hj Desiriana Dinardianti MARS.