Lagi, 60 Pasien ODGJ Dirujuk ke RS dr H Marzoeki Mahdi Bogor

DINAS Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerja-sama dengan Tim Evakuasi Instalasi Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dr H Marzoeki Mahdi Bogor melaksanakan Sosialisasi, Pelayanan Kesehatan Jiwa, & Rujukan Penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Kegiatan sebagai pelaksanaan program tahap 4 ini berlangsung di Aula Gedung Perpustakaan Kabupaten Tangerang, Kamis 21 Agustus 2019 dengan melibatkan sedikitnya 60 ODGJ yang mendapat pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan data administrasi untuk direhabilitasi di RS tersebut, selama satu bulan.

Mochamad Bachtiar SKM, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menjelaskan pasien ODGJ yang akan dikirim ke RS tersebut adalah kiriman dari setiap wilayah kerja puskesmas-puskesmas.

“Awalnya ditargetkan hanya 50 pasien, namun yang terdaftar mencapai 60 orang,” katanya.

Terkait itu, sampai jumlah tersebut pihaknya untuk sementara menghentikan pendaftaran pasien lainnya, karena ada keterbatasan tempat dan akomodasi untuk mengangkut pasien ODGJ melebihi target ke RS di Bogor.

Dalam kegiatan, ungkap Mochamad Bachtiar SKM, setiap pasien mendapat pemeriksaannya terlebih dahulu. Bila ditemukan ada yang menderita fisik, maka harus mendapatkan pengobatan terlebih dahulu dari puskesmas hingga sembuh, setelah itu baru bisa dirujuk.

Lebih lanjut disampaikan, para pasien ini selanjutnya akan mendapat pengobatan selama 1 bulan. Setelah pulang dari RS Marzoeki, nanti penanganannya akan ditindak-lanjuti Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.