Puskesmas Jayanti Jadikan Lomba Balita Ajang Bina Peningkatan Gizi

PENINGKATAN status gizi balita merupakan hal penting untuk membentuk kualitas sumber daya manusia yang handal ke masa depan. Terakit itu, Puskesmas Jayanti bertekad akan terus melakukan pembinaan peningkatan status gizi balita di wilayah binaannya.

Status gizi sendiri dapat terlihat di antaranya dari faktor tumbuh-kembang anak, tingkat pemenuhan gizinya, tingkat pengetahuan sang ibu, sampai tingkat pendidikan orangtua balita.

Faktor-faktor inilah yang menjadi kreteria penilaian Lomba Balita Sehat Tingkat Kecamatan Jayanti yang digelar beberapa waktu lalu. Lomba sendiri dimaksudkan sebagai upaya nyata Puskesmas Jayanti dalam melakukan pembinaan peningkatan status gizi balita-balita di wilayah binaan.

Kepala Puskesmas Jayanti, dr Sulastri, Kamis (22/8/2019), mengatakan masa balita merupakan masa yang paling menentukan dalam pembangunan manusia yang handal. “Karena masa balita merupakan masa yang paling kritis, terutama ditinjau dari aspek tumbuh-kembangannya.”

Banyak pihak kurang memahami bahwa interaksi ibu dan anak merupakan bagian yang penting bagi pembentukan karakter anak. Periode yang paling menentukan kualitas SDM adalah sampai di bawah usia lima tahun.

Oleh karena itu, tambah dr Sulastri, kegiatan lomba balita sehat merupakan momen yang sangat tepat sebagai sarana pembelajaran masyarakat pada manfaat sebuah generasi yang sehat.

“Saya berharap melalui lomba ini para balita di wilayah Kecamatan Jayanti dapat meningkat status gizinya dengan lebih baik lagi,” tambah dr Sulastri.

Hasil Lomba Balita Sehat tingkat Kecamatan Jayanti sendiri yang digelar beberapa waktu, telah terpilih 3 juara dari masing-masing kategori, yaitu Kategori 1 yaitu balita usia 6 bulan-23 bulan, terpilih Juara I  Khanza Ufairah dari Desa Pangkat, Juara II Aprilia Nur Fatimah dari Desa Cikande, dan Juara III M Riansyah dari Desa Pasir Gintung.

Sementara Kategori 2 yaitu usia 24 bulan-60 bulan, Juara I Alvia Kanaya Zea dari Desa Jayanti, Juara II M Akbar dari Desa Pasir Muncang, dan Juara III Syakila Azkia Dina dari Desa Pabuaran.

Masing-masing juara mendapatkan hadiah piala, sertifikat dan souvenir.