RSUD Pakuhaji Laksanakan Tes Kesehatan Puluhan Calon Kades

RSUD Pakuhaji di Kabupaten Tangerang dalam 8 hari, 12-22 Agustus 2019 pada Senin sampai Kamis di setiap pekannya, mempunyai tugas khusus yaitu melakukan tes kesehatan bagi puluhan calon kepala desa (CKD) yang akan meramaikan pilkades.

Penetapan RSUD bersama para dokter dan peralatan medisnya melakukan tes kesehatan (skrining) para CKD khusus wilayah pesisir Kabupaten Tangerang ini sesuai Penunjukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang.

Di wilayah pesisir Kabupaten Tangerang terdapat 9 kecamatan dengan 53 desa. Di setiap kecamatan tercatat 3 desa sampai 11 desa siap menyelenggarakan pilkades (pemilihan kepala desa).

Ke-9 kecamatan dimaksud adalah Kecamatan Pakuhaji, Kecamatan Sepatan, Kecamatan Sepatan Timur, Kecamatan Mauk, Kecamatan Rajeg, Kecamatan Sukadiri, Kecamatan Kemiri, Kecamatan Teluk Naga dan Kecamatan Kosambi.

Sementara pelaksanaan tes kesehatan dimulai Senin sampai Kamis dalam dua pekan pada 12-22 Agustus 2019.

Kepala Bidang Pelayanan Penunjang pada RSUD Pakuhaji, dr H Ferry Irvansyah, Rabu (14/8/2019), mengutarakan untuk jadwal pemeriksaan kesehatan telah diatur DPMPD, pihak rumah sakit hanya melaksanakan tes kesehatannya saja.

“Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik, tes laboratorium, psikotest, pelaksanaan rontgen, dan pemeriksaan bebas narkoba,” katanya.

Dituturkan pemeriksaan kesehatan ini menjadi salah-satu pentahapan dari persyaratan pencalonan kepala desa. Bila nanti ditemukan ada zat narkoba dalam tubuh si calon atau pada saat pemeriksaan psikotest ada gangguan kejiwaan, maka akan menjadi bahan pertimbangan panitia.

Selanjutnya, papar dr H Ferry Irvansyah, hasil tes kesehatan akan dibagikan secara serempak kepada para CKD pada Selasa 27 Agustus 2019.

Diyakinkan pihak RSUD Pakuhaji akan bekerja secara profesional sebagai bagian meraih kepercayaan masyarakat.