Sangat Mengedukasi Pelaksanaan Saresehan Kader Motivator ASI

PARA Kader Kelompok Pendukung ASI dari 20 desa bersama Pengurus TP PKK Desa Pendukung ASI,  Pengurus TP PKK Kecamatan, Pengurus TP PKK Kabupaten Tangerang, Pengurus Darma Wanita Kabupaten Tangerang, dan sejumlah pengurus organisasi mengikuti Sarasehan Kader Motivator ASI.

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Tigaraksa pada pekan lalu itu mengambil tema “Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui”. Tampil narasumber dr Utami Roesli SpA IBCLC FABM selaku Founder Sentra Laktasi Indonesia.

Acara terkait rangkaian Peringatan Pekan ASI Sedunia ini berlangsung menarik karena para peserta pada akhirnya mendapat banyak pengetahuan seputar pentingnya pemberian ASI kepada bayi secara lengkap dan ilmiah.

Acara sendiri dibuka Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang Ny Nina Madromli, yang menjelaskan berdasarkan hasil laporan semester 2018 bahwa cakupan pemberian ASI Eksklusif  di wilayah Kabupaten Tangerang baru mencapai 41,6%.

“Angka ini masih belum mencapai harapan yang diiinginkan. Oleh karena itu, diharapkan pentingnya peran-serta seluruh elemen masyarakat untuk lebih peduli dalam pelaksanaan program Pemberian ASI Eksklusif,” katanya.

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi yang tidak dapat digantikan oleh makanan lain. “Karena makanan apapun, selain ASI, tidak dapat terjaga higienitasnya. Selain itu ASI juga dapat mencegah stunting,” ungkap Ny Nina Madromli.

Sementara dr Hj Desiriana Dinardianti MARS, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, mengharapkan dari saresehan ini para peserta dapat memahami pentingnya pemberian ASI bagi pertumbuhan bayi, apalagi bila disusui dengan baik dan benar hingga usia 2 tahun.

“ASI dikenal sebagai nutrisi yang lengkap yang dapat memberikan dukungan untuk pertumbuhan, kesehatan, imunitas dan tumbuh-kembang bayi secara baik. ASI pun murah dan higenis,” tambahnya.

Oleh karena itu, ucap dr Hj Desiriana Dinardianti MARS, “ke depan kita akan lebih memperkuat jejaring Konselor ASI agar semua elemen masyarakat bisa lebih mengerti dan memahami betapa pentingnya ASI untuk pertumbuhan bayi.”

Dalam acara yang juga dihadiri Pengurus INI, Aisyah, Fataya, Bayangkari, Persit dan IBI ini, diumumkan pemenang Lomba Kader Motivator ASI, s.b.b: Juara I Kader Motivator Bintang dari Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Juara II Kader Motivator Kenanga dari Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Juara III Kader Motivator Kipas dari Kelurahan Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua.