Pedagang di SMPN 1 Cisoka Disuluh Jual Jajanan Higienis & Sehat

LAGI, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Penyuluhan Keamanan Pangan Jajanan di Sekolah-sekolah. Kali ini, penyuluhan diberikan kepada pedagang jajanan dan dewan guru SMPN 1 Cisoka.

Kegiatan dilaksanakan Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan pada Bidang Pelayanan Kesehatan ini diikuti 12 pedagang, kepala sekolah, dewan guru, dan Petugas UKS Puskesmas Cisoka, yang digelar di aula sekolah itu, Rabu (7/8/2019).

Tampil narasumber Muji Harja M Farm Apt, Desi Tirtawati S.Farm Apt, dan Ratih Prosa Arini S.Farm Apt. Ketiganya memaparkan kewajiban para pedagang untuk membuat dan menjual jajanan yang sehat dan higienis dengan mendapat pengawasan kepala sekolah dan dewan guru.

Di akhir acara, para pedagang mendapat bantuan stimulan berupa alat pelindung saat mengolah makanan, di antaranya masker, sarung tangan, apron dan clemek.

Desi Tirtawati S.Farm Apt, Kepala Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan, menjelaskan kegiatan pembinaan dan pengawasan jajanan di sekolah ini memang menekankan persyaratan terciptanya keamanan dan kesehatan jajanan yang dijual di sekolah-sekolah.

“Sengaja kita melakukan penyuluhan di sekolah agar para pedagang bisa secara langsung mengetahui bahan-bahan olahan makanan mana yang baik dan yang tidak baik untuk diolah menjadi jajanan di sekolah bagi kesehatan tubuh para pelajar,”katanya.

Tentu saja, tambah Desi Tirtawati S.Farm Apt, diharapkan setelah mendapat pembinaan ini para pedagang yang membuat dan menjual jajanan di kantin sekolah bisa memenuhi ketentuan jajanan yang higenis dan sehat.