Digelar Penyuluhan Keamanan Jajanan Sekolah di SDN Mekar Jaya

BELASAN guru dan pedagang di SDN Mekar Jaya, Kampung Ranca Kebo, RT 12/RW 04 Desa Mekar Jaya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, mendapat Penyuluhan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah.

Acara dilaksanakan Petugas Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan pada Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, digelar di Aula Gedung SDN Mekar Jaya, Rabu (31/7/2019).

Kegiatan sendiri diikuti kepala sekolah, 7 guru, dan 5 pedagang. Hadir Kepala Puskesmas Panongan didampingi Petugas Kesehatan Lingkungan, UKS dan Gizi.

Tampil narasumber Kepala Seksi Farmasi, Muji Harja M.Farm Apt, memberi materi Keamanan Pangan di Sekolah dan Ratih Prosa Arini S.Farm Apt, Staf Farmasi, memaparkan Bahaya Pangan.

Dalam kegiatan inipun dilakukan pengambilan sampel jajanan dan melakukan pengujiannya dengan menggunakan Rapid Test. Jajanan yang dijadikan sampel, di antaranya Makaroni, Roti, Bumbu Makaroni dan Kerupuk Makaroni.

Hasilnya tidak ditemukan bahan berbahaya di dalam kandungan jajanan sekolah, semisal mengandung Formalin, Borax, Rodamin B dan Metanil Yellow. Terkaii hasil itu, maka jajanan di sekolah itu dinyatakan aman.

Kepala Puskesmas Panongan, drg Farah S, berharap pengetahuan yang didapatkan dari Penyuluhan Keamanan Pangan Jajanan Sekolah ini selanjutnya bisa dilaksanakan di sekolah, bahkan pada gilirannya bisa dilaksanakan pula di sekolah lainnya.

“Tujuan agar para pedagang jajanan sekolah bisa menjaga kesehatan mutu dagangannya dan para guru beserta kepala sekolah bisa mengawasi para pedagang di sekitar sekolahnya,” ucapnya.

Dude Sadwaludin, Staf Farmasi pada Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan, menjelaskan dalam kegiatan inipun para pedagang diberikan alat pelindung untuk menjamah makanan di kantin sekolah.

Bantuan itu berupa masker, apron, celemek, sarung tangan, dan pemasangan poster himbauan untuk menyajikan jajanan sehat di sekolah, pungkasnya.