Perluas Wilayah Cegahan, Digelar Workshop Jejaring STBM Stunting

Memperluas upaya pencegahan stunting di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Workshop Jejaring STBM Stunting.

Kegiatan dilaksanakan Seksi Kesehatan Linkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga pada Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menyertakan peserta SKPD terkait, para camat, pengurus TP PKK, organisasi profesi, lembaga keuangan, perusahaan sanitasi, pengurus MUI, tim TSLP, tim Pokja AMPL, IUWASH Plus, Yayasan Habitat, Pengurus Saka Bakti Husada dan Forum Tangerang Sehat Kabupaten Tangerang.

Acara berlangsung tanggal 22 Juli 2019 di Ruang Pertemuan Hotel Yasmin di Kecamatan  Curug, menampilkan 3 narasumber. Narasumber dari Direktorat Kesling Kementrian Kesehatan RI menyampaikan materi tentang Dampak Sanitasi Terhadap Tumbuh Kembang Balita dan Strategi STBM untuk Mencegah Stunting.

Narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyampaikan materi tentang Kondisi Sanitasi dan Stunting di Kabupaten Tangerang, Rencana Intervensi dan Permasalahannya. Sementara narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten menyampaikan masukan terhadap rencana intervensi dan hasil diskusi cegah stunting.

Mulyadi, Penanggung Jawab Kegiatan pada Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Kamis (1/8/2019), menjelaskan berdasarkan hasil Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM) kasus stunting pada tahun 2018 terkategori masih tinggi dengan akses sanitasi rendah.

Untuk itu diharapkan dari kegiatan workshop ini tercipta komitmen para pihak untuk berkontribusi dalam meningkatkan akses sanitasi sebagai upaya mencegah stunting di wilayah berkasus stunting pada khususnya dan di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang pada umumnya.

“Diharapkan pula seluruh elemen masyarakat, baik dinas terkait, swasta, dan masyarakat yang ada di lingkungan mau mempertinggi kepeduliannya dalam pencegahan stunting,” pungkas Mulyadi.