Pejabat Dinkes Bukit Tinggi Belajar SBH ke Dinkes Kabupaten Tangerang

TIGARAKSA – Tamu daerah dari Pejabat Dinas Kesehatan Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat, melakukan kunjungan studi banding kinerja organisasi Saka Bakti Husada (SBH) yang dikelola Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Selasa (23/7/2019).

Tamu daerah dari jajaran Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat pada Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kota Bukit Tinggi ini menyatakan kekagumannya sesaat mendapat paparan kinerja Saka Bakti Husada (SBH) yang dikelola Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Hj Dwi Harti Nugraheni SKM MKM, Ketua Umum SBH Kabupaten Tangerang dibantu para pembina SBH lainnya, memaparkan manajemen SBH kepada para tamu, dimulai dari struktur organisasi, tata-cara perekrutan anggota, kegiatan kerjasama dengan intansi lain dalam membantu mensosialisasikan kesehatan masyarakat, tata-cara mendapatkan sumber dana dari pemerintah, hingga sejumlah penghargaan yang diraih.

Secara nyata, paparnya, kegiatan yang berhasil dilaksanakan yang melibatkan masyarakat adalah pelaksanaan acara Cuci Tangan Pakai Sabun, Tata-cara Menanam Toga, Periksa Jentik Nyamuk, PHBS, dan beberapa kegiatan lainnya semisal turut menjaga Posko Lebaran serta penggalangan dana bencana alam.

Diana Desa, Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Bukit Tinggi, mengucapkan terima-kasih kepada jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dan Pembina Saka Bakti Husada Kabupaten Tangerang yang telah menerima kunjungan studi banding mereka.

“Kami salut dan kagum atas kinerja Saka Bakti Husada setelah mendapat paparan kegiatan dan program yang telah dilaksanakan SBH,” katanya.

Kekaguman ini, tambahnya, semakin terasa setelah mereka melihat langsung Sanggar SBH yang memiliki ruang sekretariatnya beserta kelengkapannya.

“Rasanya kami tidak salah melakukan studi banding SBH ke wilayah Kabupaten Tangerang karena banyak ilmu yang didapat untuk diterapkan di Kota Bukit Tinggi,” ucap Diana Desa.