Dibentuk Desa Sukatani Sebagai Desa Siaga Kesehatan Jiwa

CISOKA – Dinkes Kabupaten Tangerang bekerja-sama Puskesmas Cisoka dan Desa Sukatani, Kecamatan Cisoka, menggelar Sosialisasi Desa Sukatani sebagai Desa Siaga Kesehatan Jiwa.

Acara dilaksanakan Seksi Pencegahan, Pengendalian Penyakit Tidak Menular, dan Kesehatan Jiwa (P2P dan Keswa) pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang ini berlangsung di Balaidesa Sukatani, Selasa (16/7/2019).

Sosialisasi ini mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan dan pengobatan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang memang cukup banyak terdapat di Desa Sukatani.

Kegiatan ini sendiri mendapat dukungan penuh dari Kepala Desa Sukatani, kader kesehatan desa, ormas, dan tokoh masyarakat desa tersebut.

Hj Uum Umiyana, Kepala Desa Sukatani, berharap dengan dengan adanya pembentukan Desa Siaga Kesehatan Jiwa ini maka wilayah desanya bisa terbebas dari ODGJ yang selama ini memang banyak diderita masyarakatnya.

Sementara Lely Elfrida SST, Pemegang Program Kesehatan Jiwa pada Seksi P2P dan Keswa, menjelaskan program pembentukan desa siaga ini bertujuan agar para kader kesehatan dan masyarakat bisa membantu melakukan pengawasan Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) agar tidak menjadi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Bahkan jangan sampai pula terjadi pemasungan bagi ODGJ di wilayah Desa Sukatani ini,” harapnya.

Terkait itu, seluruh elemen masyarakat desa diharapkan bila menemukan ada anggota masyarakat bertanda ODMK agar segera melaporkannya kepada petugas kesehatan jiwa di Puskesmas Cisoka untuk segera mendapat penanganannya, pungkas Lely Elfrida SST.