Mudahkan Warga, Puskesmas Jalan Emas Buka Pendaftaran BPJS

KELAPA DUA – Berdasar hasil pendataan PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga) di wilayah kerja Puskesmas Jalan Emas, ditemukan masih banyak warga yang belum memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Terkait itu, puskesmas ini bekerja-sama BPJS melaksanakan Mobile Customer Service (MCS) dengan membuka pendaftaran bagi anggota baru JKN dan perubahan data keanggotaan JKN, di puskesmas itu selama lima hari layanan, 8-12 Juli 2019, pukul 8.30-13.00.

Kepala Puskesmas Jalan  Emas, dr Yasmina Ediani, Selasa (9/7/2019), berharap dengan layanan MCS BPJS ini bisa dimanfaatkan warga yang belum terdaftar di JKN untuk mengurusnya.

“Kegiatan ini untuk membantu masyarakat mengurus JKN, baik warga yang belum membuatnya maupun warga yang akan merubah keanggotaan JKN-nya,” katanya.

Ada keluhan, diakui dr Yasmina Ediani, warga tidak mengurus JKN atau perubahan status keanggotaan JKN-nya karena lokasi kantor BPJS untuk mengurusnya jauh dari rumah. Dengan cara ini, tentu saja tak ada lagi alasan tak mengurus JKN.

Sesuai data di wilayah kerja Puskesmas Jalan Emas tercatat ada 31 KK dengan 97 anggota keluarganya belum memiliki JKN. Padahal keanggotaan JKN akan meringankan beban keluarga bila suatu ketika ada anggota keluarga yang sakit dan perlu pengobatan dan perawatan RS.

Untuk suksesnya kegiatan yang memudahkan warga ini, jajaran Puskesmas Jalan Emas telah telah menghubungi pihak Kecamatan Kelapa Dua, kelurahan-kelurahan, dan Forum RT-RW untuk menghimbau warganya segera mengurus keanggotaan JKN di puskesmas, ungkap dr Yasmina Ediani.