Laksanakan Germis, Bidan Puskesmas Tigaraksa Ikuti Lomba Banten

TIGARAKSA – Berbekal program inovasi Germis (Gerakan Imunisasi Calon Istri), Bidan Teti Impresia Bangun dari Puskesmas Tigaraksa disertakan dalam Lomba Tenaga Kesehatan Teladan Kategori Bidan Tingkat Provinsi Banten.

Kedatangan Tim Penilai Lomba Bidan Teladan Tingkat Provinsi Banten ke Puskesmas Tigaraksa pun mendapat sambutan hangat dari jajaran puskesmas pada Rabu (3/7/2019).

Bidan Teti Impresif Bangun kepada tim menjelaskan program Germis dilaksanakan dengan bekerja-sama jajaran KUA Kecamatan Tigaraksa. “Program ini sudah berjalan sejak 2 tahun lalu.”

Lalu dijelaskannya gerakan ini bertujuan menjaga kesehatan ibu dan mencegah kematian bayi akibat Tetanus Neonatorium, serta berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Gerakan ini juga berkaitan dengan kegiatan inovasi dari Puskesmas Tigaraksa yaitu Program Bergandengan Tangan Bersama untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Masyarakat, Khususnya kepada Ibu dan Bayi,” papar Bidan Teti Impresif Bangun.

Lalu, untuk memberi bukti nyata berjalannya program Germis, saat penilaian dihadirkan para calon pengantin yang sudah mendaftarkan pernikahannya ke KUA Tigaraksa untuk mendapat penyuluhan Germis di Aula Puskesmas Tigaraksa.

Para calon pengantin ini mendapat penyuluhan tentang menjaga kesehatan setelah menikah, tata-cara berhubungan badan yang sehat dengan pasangannya, terakhir dilakukan pemeriksaan kesehatan calon pengantin, serta diberikan suntikan Td (Tetanus Tolsoid).

Sementara drg Hj Eko Hartati MARS, Kepala Puskesmas Tigaraksa, berharap bidan puskesmasnya bisa meraih point terbaiknya sehingga bisa menjadi juara di Lomba Bidan Teladan Tingkat Provinsi Banten.

“Program Germis terkategori program terbaik untuk mewujudkan kesehatan calon pengantin hingga terbangunnya rumah-tangga calon pengantin,” katanya.

Apalagi dalam pelaksanaannya, kini telah dibuatkan kesepakatan kerja-sama Puskesmas Tigaraksa dengan KUA Tigaraksa dalam bentuk MoU, pungkas drg Hj Eko Hartati MARS.