Dokter Gigi Puskesmas Jayanti Ikuti Lomba Tingkat Provinsi Banten

JAYANTI – Terpilih menjadi Dokter Gigi Teladan Tingkat Kabupaten Tangerang, kini drg Nur Isnaini selaku Dokter Gigi Puskesmas Jayanti turut-serta dalam Lomba Tenaga Kesehatan Teladan Kategori Dokter Gigi Tingkat Provinsi Banten.

Penilaian atas prestasi dan kinerja dokter gigi inipun berlangsung pada Rabu (3/7/2019) di Puskesmas Jayanti. Jajaran Puskesmas Jayanti bersama drg Nur Isnaini menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba Tenaga Kesehatan Teladan Kategori Dokter Gigi Tingkat Provinsi Banten.

Tim menilai program inovasi yang dilaksanakan drg Nur Isnaini yaitu program pembinaan kesehatan gigi dan mulut dengan UKGS berkelanjutan kepada para santri di Pondok Pesantren Miftahul Salam di wilayah Kecamatan Jayanti.

Tujuan program ini, dijelaskan drg Nur Isnaini kepada tim, adalah terlaksananya program UKGS secara mandiri dan berkelanjutan kepada para santri dalam kegiatan Sikat Gigi Sebelum Tidur dengan pengawasan kakak-kakak kelasnya.

Bagi santri dengan strata SMP dan SMA maka dilakukan pengawasannya oleh kakak kelas yang tergabung dalam KKR (Kader Kesehatan Remaja) dan untuk santri berstrata SD diawasi oleh Dokcil (Dokter Kecil) yang ada di pesantren tersebut.

Dituturkan drg Nur Isnaini, program ini sudah dilaksanakan mulai Pebuari 2019. Di antaranya dalam bentuk kegiatan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, lalu kegiatan sikat gigi bersama, dan pemeriksaan gigi setiap bulan.

“Sementara kegiatan berkelanjutannya dilakukan dengan membentuk KKR dan Dokcil sebagai pelaksanaan kegiatan UKGS secara mandiri dan berkesinambungan,” ucapnya.

Kepala Puskesmas Jayanti, dr Sulastri, mengakui Keluarga Besar Puskesmas Jayanti mendukung penuh Penilaian Lomba Dokter Gigi Teladan Tingkat Provinsi Banten ini dengan pengharapan apapun hasilnya akan bisa memotivasi jajaran petugas kesehatan lainnya untuk berbuat terbaik dalam memberi layanan kesehatan masyarakat.

Terkhususkan drg Nur Isnaini bisa membuahkan prestasi terbaiknya dalam Lomba Dokter Gigi Teladan Tingkat Provinsi Banten dengan menjadi juara sehingga bisa mewakili Banten ke Lomba Bidan Teladan Tingkat Nasional.