Ambulance PSC Tiap Pekan Bantu Antar-Jemput Dito ke RSCM

CIKUPA – Tim Publik Safety Center (PSC) Kabupaten Tangerang sampai saat ini masih terus memberi bantuan kemanusiaan kepada Pinandito/Yusuf, bocah 3 tahun Kota Tangerang Selatan, yang sudah menjadi pasien tetap RSCM Jakarta dengan mengantar-jemputnya memakai mobil ambulance.

Bantuan kepada bocah ini diberikan karena dia menderita penyakit langka yang di setiap pekannya harus menjalani Terapi HRT di PICU RSCM Jakarta. Bila tak mendapat bantuan PSC maka transportasi ambulance yang harus dikeluarkan akan sangat membebani keluarga si bocah.  

Penyakit langka yang diderita Pinandito sendiri memang membutuhkan pengobatan dengan obat yang harus didatangkan dari luar negeri dan hanya RSCM yang mampu melakukan pengobatannya di setiap pekan.

Kepala UPT PSC Kabupaten Tangerang, dr Yekti Wulandari MARS, Rabu (4/7/2019), menjelaskan Dito panggilan akrab bocah itu menjadi penderita pertama di Indonesia yang mengidap penyakit Pompe (penyakit bawaan karena kekurangan Enzim Iysosomal Avid Alpha Glucosidase) yang menyebabkan kelemahan otot dan saraf seluruh tubuh.

Lalu pernapasan penderita inipun lemah sampai harus dilakukan Tracheostomi dan selalu terpasang Ventilator + Oksigen untuk membantu pernapasannya. Dito mengidap penyakit ini sejak berusia 1 tahun.

Dari hasil terapi dan pengobatan yang dijalani, menurut informasi dari bundanya, bocah ini sudah mengalami perubahan pada kakinya yang sudah mulai menguat.

Namun untuk pernapasan masih harus memakai Ventilator. Sebelumnya sempat di satu waktu dicoba dilepaskan alat tersebut, namun ternyata kondisinya belum siap.

Lebih lanjut disampaikan dr Yekti Wulandari MARS, untuk penyakit Pompe tidak bisa diramalkan efek pengobatannya karena ini adalah penyakit pertama di Indonesia. Sementara di dunia pun tidak banyak contoh kasusnya.