Puskesmas Jl Emas Gencarkan Pembentukan KIH, KB, & KP ASI

KELAPA DUA – Menyukseskan program Tangerang Gemilang Bebas Stunting, Puskesmas Jalan Emas terus-menerus melakukan sosialisasi dan penyuluhannya kepada masyarakat.

Penyuluhan itu dibarengi dengan membentuk Kelas Ibu Hamil (KIH), Kelas Balita (KB), dan KP-ASI. Ini dilakukan di beberapa wilayah kerja puskesmas. Disyukuri hingga saat ini telah terbentuk 3 KIH, 2 KB, dan 1 KP-ASI.

Kepala Puskesmas Kelapa Dua, dr Yasmina Ediani, belum lama ini, menjelaskan pembentukan Kelas Ibu Hamil bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat tentang kesehatan dan pencegahan resiko tinggi pada saat seorang ibu melahirkan.

“Untuk itu di dalam kelas ibu hamil, selain diberikan penyuluhan para peserta pun diajarkan melakukan senam ibu hamil agar saat melahirkan bisa berjalan lebih mudah,” katanya.

Sementara pembentukan Kelas Balita bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para ibu balita dalam menjaga pola asuh anak yang baik dalam tumbuh-kembang balitanya, terutama agar tidak stunting, tidak bergizi buruk, dan ibunya bisa lebih aktif datang ke posyandu.

Setelah itu, tambah dr Yasmina Ediani, para peserta diminta berkomitmen membentuk Kelompok Pendukung (KP) ASI untuk dapat menginformasikan kepada masyarakat pentingnya pemberian ASI eksklusif, dengan mulai memberikan ASI pada bayi sejak berusia 0-6 bulan dan memberikan MPASI pada bayi berusia 6 bulan-2 tahun.

Ketiga program ini adalah solusi untuk mencapai target program Tangerang Gemilang Bebas Stunting yang harus dicapai, pungkas dr Yasmina Ediani.