Puskesmas Kelapa Dua Bentuk KP ASI RW 03 Pakulonan Barat

KELAPA DUA – Petugas Puskesmas Kelapa Dua menggelar Sosialisasi Komitmen Bersama Pembentukan Kelompok Pendukung (KP) ASI Eksklusif di wilayah RW 03 Kelurahan Pakulonan Barat, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Acara ini dilaksanakan di Aula Kantor Keluaran Pakulonan Barat, Kamis (20/6/2019). Hadir Lurah Pakulonan Barat, Seksi Pemas Kecamatan Kelapa Dua, Ketua RW 03 Pakulonan Barat, pengurus RT, kader kesehatan, dan sejumlah ibu menyusui.

Pendamping Program, dr Indri, menjelaskan saat ini pihaknya memang sedang melaksanakan penggalangan komitmen untuk pembentukan Kelompok Pendukung (KP) ASI sebagai penggerak ibu-ibu menyusui peduli dalam pemberian ASI kepada anak anaknya.

“Terutama pemberian ASI eksklusif 0-6 bulan dan pemberian ASI dengan makanan tambahan selama 6 bulan sampai 2 tahun,” ucapnya.

Rini, Tenaga Pelaksana Gizi (TPG) dan Pemegang Program KP ASI Puskesmas Kelapa Dua, menambahkan untuk saat ini pihaknya masih melakukan tahapan sosialisasi dengan sasaran melibatkan sedikitnya 25 orang, di antaranya ibu-ibu hamil dan ibu-ibu menyusui.

Kegiatan ini adalah kegiatan kali kedua. Pertama dilaksanakan di Kelurahan Kelapa Dua di tahun 2018 yang sosialisasinya dibantu tenaga dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dalam pembentukan KP ASI.

Sedangkan kali keduanya puskesmas melakukan sendiri sosialisasi dengan menggunakan dana BOK (bantuan operasional kesehatan) puskesmas.

“Nantinya program ini akan dijalankan berkelanjutan ke wilayah lainnya, namun untuk saat ini kita fokus di wilayah yang telah kita bentuk ini,” ucap Rini.