Dinkes Kab Tangerang Gelar Pelatihan Penggunaan Obat Rasional

TIGARAKSA – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Pelatihan Penggunaan Obat Rasional untuk Tenaga Farmasi dan Apoteker puskesmas-puskesmas se-Kabupaten Tangerang.

Kegiatan dilaksanakan Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan pada Bidang Pelayanan Kesehatan ini berlangsung di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Senin (17/6/2019).

Tampil narasumber Fachriah Syamsuddin S.Si Apt, Kasie Pemantauan Penggunaan Obat Rasional, yang memaparkan Program Gema Cermat Dalam Mendukung Terwujudnya Penggunaan Obat Rasional.

Muji Harja M Farm Apt, Kepala Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan pada Dinkes Kabupaten Tangerang, menjelaskan banyak petugas farmasi dan apoteker yang baru bertugas di puskesmas-puskesmas belum memahami betul tat-cara penggunaan obat secara rasional, sehingga dinilai perlu diberi pemahamannya.

Sebab, kata dia, tenaga farmasi di puskesmas-puskesmas tidak hanya memiliki tanggung-jawab atas obat sebagai produk saja, tetapi juga bertanggung-jawab pada penggunaan obat secara rasional.

Diharapkan dari pembinaan ini, nantinya para penyedia dan pelayanan kesehatan puskesmas-puskesmas di ruang obat dapat memahami dan mampu menerapkan prinsip penggunaan obat secara rasional, pungkas Muji Harja M Farm Apt.