DPRD Kabupaten Pati Studi Banding Program PSC & Sijariemas

TIGARAKSA – Mempelajari sistem rujukan jaminan kesehatan tentang Publik Safety Center (PSC) dan Sistem Sijariemas, belum lama ini DPRD Kabupaten Pati melakukan kunjungan studi banding ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Para tamu daerah ini diterima Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di Ruang Rapat Gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di Ibukota Tigaraksa. Turut mendampingi Kepala Publik Safety Center, kabid kesehatan  masyarakat, kepala pengelola jaminan kesehatan, dan kepala seksi kesehatan keluarga.

Sekretaris Dinas Kesehatan dr Hj Dede Widyawati M.Kes dibantu para pejabat dinkes memaparkan secara detil program Kartu Sehat Kabupaten Tangerang yang terintegrasi ke dalam Jaminan Kesehatan Nasional.

Lalu dipaparkan pula mengenai pelayanan aksi cepat tanggap yang dilaksanakan para Petugas PSC  Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dalam memberikan pelayanan kegawatdaruratan kepada masyarakat dengan menerima laporan gangguan kesehatan yang dialami masyarakat.

Selanjutnya dijelaskan sistem kerja-sama layanan kesehatan masyarakat dengan program Sijariemas (Sistem Informasi Jejaring Rujukan Expanding Maternal And New Born Survival).

Sijariemas adalah teknologi informasi dan komunikasi yang dikembangkan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem rujukan baik rujukan gawat darurat maupun rujukan dini berencana/rujukan terencana dengan meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dua arah antara perujuk dan tujuan rujukan melalui teknologi informasi berbasis web, aplikasi mobile seperti android, blackberry, iPhone dan lainnya, SMS dan telepon.

Mendapat papara lengkap dari Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dibantu para pejabat dinkes lainnya, para tamu undangan pun merasa puas karena mereka secara detil telah mendapat paparan lengkap. “Kami berterima-kasih atas penerimaan kunjungan yang baik, sekaligus mendapat penjelasan yang lengkap ini.”

Pernyataan ini dibalas Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dengan ucapan bahwa kunjungan serupa inipun sebenarnya memotivasi pihak Dinkes Kabupaten Tangerang untuk berusaha menjadi lebih baik dari dari waktu ke waktu.