Bupati Sidak Stok & Keamanan Pangan Ramadhan-Lebaran

TIGARAKSA – Bupati Tangerang H Ahmed Zaki Iskandar didampingi sejumlah kepala dinas menggelar sidak ke Pasar Tradisional Tigaraksa dan Pusat Perbelanjaan Farmers Market ECO Plaza Citra Raya.

Sidak terkait ketersediaan stok bahan pangan dan keamanan pangan selama Ramadhan dan Lebaran ini dilaksanakan Jumat (24/5/2019) dengan menyertakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dan pejabat Loka POM Tangerang.

Dalam sidak pasar kali inipun bupati memantau kenaikan harga bahan pangan di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan tersebut.

Bupati Tangerang menjelaskan untuk stok kebutuhan bahan pokok hingga lebaran dinilainya masih cukup, begitupun kenaikan bahan pokok dinilainya masih relatif stabil sampai lebaran.

Kepada para pedagang yang masih menjual panganan mengandung bahan berbahaya agar diberikan pembinaan sehingga tidak lagi mengulanginya dengan menjual panganan yang bisa merugikan kesehatan masyarakat.

“Barang-barang makanan yang mengandung bahan berbahaya supaya disita, karena hal ini sangat membahayakan kesehatan konsumen,” tegas Bupati H Ahmed Zaki Iskandar.

WASPADA BELANJA

Sementara dr Hj Corah Usman, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, memaparkan dari 24 sampel yang diuji menggunakan repid test dari lokasi pasar itu ditemukan 4 jenis makan yang positif mengandung Rodhamine B (pewarna tekstil) pada Bolu Emprit, Pacar Cina, Harum Manis, dan Harum Manis Micky.

“Bahan tersebut berbahaya bila terkonsumsi tubuh secara terus-menerus,” ungkapnya. Sebab itu, diharapkan masyarakat pun agar lebih berhati hati mencari bahan makanan, jangan sampai tertipu dengan penampilan dan warnanya yang menarik.