Tenaga Medis Puskesmas-puskesmas Ikuti Workshop DM

JATIUWUNG – Meningkatkan pengetahuan dan penanganan penyakit Diabetes Mellitus (DM) di puskesmas-puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Workshop Diabetes Mellitus bagi Kepala Puskesmas dan Tenaga Medis Puskemas.

Kegiatan ini dilaksanakan Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Ruang Pertemuan Hotel Soll Marina Jatiuwung, Kota Tangerang, 13-14 Mei 2019.

Tampil narasumber Dr Rita Ramayulis DCM, Ahli Gizi Kemenkes RI yang menyampaikan materi Tata Laksana Diet untuk Penderita Diabetes dan dr Indra Wijaya SpPD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang menyampaikan materi Diagnosis dan Patofisiologis DM.

HM Bachtiar, Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Dinkes Kabupaten Tangerang, berharap para peserta kegiatan ini nantinya dapat meningkat pengetahuannya, yang selanjutnya bisa diterapkan pada bidang pekerjaannya di puskesmasnya masing-masing.

“Ini perlu ditekankan mengingat masalah DM masih cukup tinggi sebagai penyebab kematian,” katanya. Sebab, tingginya kadar glukosa dalam darah dapat merusak pembuluh darah kecil di ginjal, jantung, mata, dan sistem saraf.

Diabetes yang tidak tertangani dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, kebutaan, dan kerusakan saraf yang umumnya di kaki, yang selanjutnya bisa menyebabkan kematian.

“Oleh karena itu diharapkan dari pengetahuan ini, para tenaga medis dan dokter puskesmas-puskesmas, bisa terus melakukan sosialisasi penanganan penyakit ini kepada masyarakat,” pungkas HM Bachtiar.