Dinkes Terima Kunjungan Komnas HAM Telusuri Kematian 8 KPPS

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menerima kunjungan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang menelusuri penyebab meninggal dunianya 8 petugas KPPS Pemilu 2019 yang digelar serentak.

Kunjungan Komisioner Komnas HAM dipimpin Amiruddin Alrahab diterima dr Hj Desiriana Dinardianti MARS, Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang bersama sejumlah kepala puskesmas dan pejabat dinkes di Gedung Dinkes Kabupaten Tangerang di Ibukota Tigaraksa, Jumat (17/5/2019).

“Komnas HAM melakukan penelusuran ke sejumlah lokasi para KPPS yang meninggal itu,” ungkap dr Hj Desiriana Dinardianti MARS, Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang.

Dikatakan, komisioner tersebut sebelumnya sudah memiliki data korban yang meninggal dan bermaksud ingin menelusuri lebih lanjut tentang kematian 8 petugas KPPS. Termasuk mendata riwayat kesehatan, kegiatan sebelum dan sesudah hari pencoblosan, serta mewawancarai sejumlah anggota keluarga KPPS yang meninggal.

Sesuai data Dinkes Kabupaten Tangerang ke Kepala Dinkes Provinsi Banten di Kabupaten Tangerang ada 8 petugas KPPS yang meninggal, di antaranya 4 orang meninggal di rumah sakit dan 4 orang lainnya meninggal di rumah.

Data ini memang sudah dilaporkan ke Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, yang lalu disampaikan pula ke Kantor Kemenkes RI. Para korban meninggal ini telah mendapat penanganan para petugas kesehatan puskesmas  yang ada di setiap wilayah.

“Rata-rata korban meninggal itu punya riwayat penyakit sebelumnya,” tambah dr Desi. Di antaranya memiliki riwayat penyakit Asma, Jantung, dan Darah Tinggi,

Selanjutnya didampingi sejumlah kepala puskesmas di wilayah masing-masing, komisioner Komnas HAM itupun mengunjungi lokasi rumah para korban. Di antaranya di Kecamatan Pasar Kemis, Kecamatan Teluknaga, dan Kecamatan Cisauk.