Dinkes Monitoring Pemanfaatan Maksimal IPAL Puskesmas

TIGARAKSA – Memaksimalkan pemanfaatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Puskesmas-puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar monitoring pemaksimalan pemanfaatan IPAL.

Kegiatan dilaksanakan Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja pada Bidang Kesehatan Kerja di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dilakukan  pada 20 puskesmas dari 35 puskesmas yang sudah memiliki IPAL miulai 13-15 Mei 2019.

Sri Indriastuti W SKM M.Kes, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja di Dinkes Kabupaten Tangerang, mengutarakan tujuan kegiatan ini sebagai langkah pengawasan untuk memaksimalkan pemanfaatan IPAL di puskesmas-puskesmas.

“Sisi lainnya agar puskesmas-puskesmas bisa benar-benar menjaga dan merawat IPAL yang telah tersedia dengan sebaik mungkin,” katanya.

Sri Indriastuti W SKM M.Kes mengingat puskesmas memiliki limbah medis yang harus dikelola pembuangannya, semisal limbah persalinan dan cairan laboratorium. Limbah ini harus dimasukan terlebih dahulu ke IPAL sebelum dibuang ke saluran umum agar tidak mencemari lingkungan.

Disampaikan sampel dari 5 IPAL puskesmas yang telah diambil lalu dikirim ke Laboratorium LH Kabupaten Tangerang untuk pendataannya.  

Selanjutnya kegiatan ini, pungkas Sri Indriastuti W SKM M.Kes, akan digelar kembali pasca lebaran pada 15 puskesmas yang IPAL-nya belum diambil sampelnya.