Tim Lomba Nasional Nilai Pelaksanaan IVA Test Cikupa

CIKUPA –  Tim Verifikasi Lomba IVA Tes Nasional datang memberi penilaian pada pelaksanaan IVA Test di wilayah Kecamatan Cikupa yang diinisiasi TP PKK Kecamatan Cikupa.

Kedatangan tim pada Selasa (14/5/2019) ke TP PKK Cikupa menjadi bahan kemeriahan tersendiri untuk memeriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47 Tahun 2019.

Sebelumnya, tim verifikasi telah diterima kedatangannya di Pendopo Kabupaten Tangerang oleh Bupati Tangerang dan Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang.

Hadir pula dalam penerimaan tamu, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Banten, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Direktur RSUD Tangerang, Direktur RSUD Balaraja, Direktur RSUD Pakuhaji dan sejumlah direktur RSU swasta.

H Achmad Zaki Iskandar B.Bus SE, Bupati Tangerang, dalam sambutannya, menerangkan Pemkab Tangerang sangat mendukung kegiatan IVA Test karena kegiatan ini sesuai dengan kebijakan bidang kesehatan Kabupaten Tangerang.

Disebutkan pula, Pemkab Tangerang bersama jajaran terkait pun secara terus-menerus melakukan kampanye  bidang kesehatan ini karena telah sesuai dengan peraturan daerah, instruksi bupati melalui surat edaran, pendukungan anggarannya, sarana-prasarananya, serta peningkatan SDM-nya.

“Kita ingin mengajak masyarakat, khususnya kaum wanita, untuk dapat mewujudkan Kabupaten Tangerang yang Bebas Kanker Serviks dan Payudara, dengan melakukan deteksi dini melalui IVA Test, Sadari (Periksa Payudara Sendiri) dan Sadanis (Periksa Payudara Secara Klinis) menuju Kabupaten Tangerang Gemilang,” paparnya.

Hj Tri Hesti Yulianti Zaki Iskandar, Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang, menjelaskan gambaran umum Kabupaten Tangerang memiliki luas wilayah 95.961 Ha atau 959,61 km2, yang terdiri dari 29 kecamatan, 28 kelurahan dan 246 desa.

Jumlah penduduk 3.584.770 jiwa, jumlah posyandu 2.279 buah, jumlah pasangan usia subur (PUS) 268.786 orang dan jumlah wanita usia subur (WUS) 571.886 orang.

Adapun tujuan meningkatkan pengetahuan perempuan tentang Kanker Leher Rahim adalah untuk meningkatkan cakupan deteksi dini dengan IVA dan derajat kesehatan pada wanita usia subur (WUS) usia 30-50 tahun di Kabupaten Tangerang.

Sementara Ny Mas Opah Hendar, Ketua TP PKK Kecamatan Cikupa, menjelaskan pelaksanaan IVA Test di wilayah Kecamatan Cikupa telah mengalami peningkatan signifikan beberapa tahun terakhir ini, yang kini telah mencapai standar nasional.

Pencapaian standar ini, katanya, berkat kerjasama yang baik dari semua elemen masyarakat, perusahaan-perusahaan yang ada, Dharma Wanita Kabupaten Tangerang, kader kesehatan, rumah sakit, puskesmas, klinik, para bidan, dan rumah IVA di beberapa desa.

“Kondisi ini pada akhirnya lebih memudahkan masyarakat untuk melakukan IVA Test,” ungkap Ny Mas Opah Hendar.

Diterangkan di wilayah Kecamatan Cikupa telah pula ada Duta-duta IVA Test yang rajin mensosialisasikan manfaat IVA Tes dan bahaya kanker rahim kepada masyarakat.