Lagi, Tim Gabungan Teliti Penjualan Makanan Selama Ramadhan

BALARAJA – Kali kedua, Tim Pengawas Gabungan Pemkab Tangerang melakukan kegiatan intesifikasi penjualan makanan ke pasar tradisional dan swalayan. Kali ini, tim mendatangi Pasar Gembong di Balaraja dan Pasar Jayanti di Jayanti.

Kegiatan dilaksanakan Selasa (14/5/2019) oleh tim gabungan terdiri Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Petugas Loka POM Kabupaten Tangerang, serta Petugas Dinas Pertanian dan Keamanan Pangan Kabupaten Tangerang, untuk menjaga keamanan pangan yang dijual di pasar tradisional dan swalayan selama Ramadhan dan Lebaran.

Dude Sadwaludin, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, mengutarakan tim mengambil 25 sampel dari kedua pasar itu untuk diteliti dan dites kandungan bahan bakunya.

Berdasar hasil rapid test, paparnya, terdapat sejumlah sampel makanan mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan tubuh, yaitu Teri Medan mengandung Formalin, serta Pacar Cina, Kue Gabus, dan Kue Maizena mengandung Rhodamine B.

Dude Sadwaludin mengharapkan para pedagang yang menjual makanan tersebut agar tidak memperjualbelikan lagi jenis dagangannya itu karena berpotensi mengganggu kesehatan konsumen. 

Selanjutnya, petugas memberi pembinaan kepada pedagangnya karena memperdagangkan jenis makanan menggunakan bahan berbahaya bisa mengganggu kesehatan masyarakat.