Lagi, Pasien ODGJ Tersembuhkan Diterima Dinkes-Dinsos

TIGARAKSA – Lagi, dilaksanakan acara serah-terima pasien gangguan jiwa tersembuhkan dari Rumah Sakit dr H Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor kepada jajaran Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Tangerang.

Acara yang berlangsung di Aula Lantai 3 Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kamis (9/5/2019), melakukan serah-terima 5 pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang tersembuhkan setelah mendapat perawatan di RSMM.

Mochamad Bachtiar SMK, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menjelaskan kerja-sama perawatan pasien gangguan jiwa dengan RSMM sudah berjalan sejak November 2018.

“Kerja-sama ini khusus untuk melakukan penanganan dan perawatan ODGJ di wilayah Kabupaten Tangerang,” ungkapnya.

Disyukuri para pasien yang ditangani RSMM, hampir semuanya telah dapat berinteraksi kembali dengan keluarganya dan masyarakatnya. Pasien yang sebelumnya diterlantarkan kini sudah bisa bersosialisasi kembali.

Diharapkan selanjutnya pihak keluarga dan masyarakat bisa membantu dengan mengingatkan pasien tersembuhkan untuk terus meminum obat dan melakukan pemeriksaan rutin sesuai jadwal.

“Lalu kepada para petugas kesehatan puskesmas, juga bisa terus melakukan pemantauan perkembangan kesehatan jiwa pasiennya,” kata Mochamad Bachtiar SMK.

Yeyep, Manajemen RSMM, menyatakan pihaknya selalu terbuka menerima pasien ODGJ yang akan dikirim ke RSMM. “Kami juga turut senang bisa membantu sesama dalam melakukan pengobatan gangguan jiwa,” ucapnya.