Sosialisasi Kesehatan Jiwa: “Jangan Lagi Ada Pemasungan”

LEGOK – Melakukan pencegahan kesehatan jiwa di wilayah kerjanya, Puskesmas Bojong Kamal mengadakan Sosialisasi Kesehatan Jiwa bagi 60 tokoh masyarakat dan kader posyandu di aula puskesmas itu.

Sosialisasi berlangsung Selasa (23/4/2019) menampilkan narasumber dr Prima Magdalena, ahli kesehatan jiwa. Dia memaparkan tentang kesehatan jiwa masyarakat dengan memberi gambaran secara umum dari macam-macam gangguan kesehatan jiwa yang seringkali ditemukan di kalangan masyarakat.

Juga digambarkan tentang penyebab gangguan kesehatan jiwa, tanda-tanda dan gejalanya, deteksi dini masalah kejiwaan, serta upaya penanganan gangguan jiwa.

Sementara dr E Riris Anita T, Kepala Puskesmas Bojong Kamal, berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat, terutama para kader kesehatan, bisa memahami tentang gangguan kesehatan jiwa.

“Sekaligus para kader kesehatan pun bisa menjaring adanya gejala kelainan jiwa pada seseorang di lingkungannya, sehingga bisa segera membawa atau melaporkan kepada petugas puskesmas untuk penanganannya,” katanya.

Selanjutnya, diharapkan dr E Riris Anita T, masyarakat tidak ada lagi melakukan pemasungan kepada anggota keluarganya yang mengalami gangguan jiwa.

“Untuk itu pula diharapkan para kader bila melihat atau menemukan ada warga yang dipasung agar segera melaporkannya kepada petugas puskesmas,” pungkas dr E Riris Anita T.