Dinkes Sosialisasi Pemanfaatan Optimal Buku KIA

TIGARAKSA – Mengoptimalkan penggunaan Buku KIA di kalangan rumah sakit, bidan, dan klinik sesuai standar Kemenkes RI, Dinkes Kabupaten Tangerang menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Optimalisasi Pemanfaatan Buku KIA.

Acara dilaksanakan Seksi Kesehatan Keluarga pada Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang berlangsung di Ruang Wareng, Gedung Pemkab Tangerang di Tigaraksa, Rabu (24/4/2019).

Tampil narasumber dari Kemenkes RI ke hadapan para peserta terdiri petugas RS pemerintah dan swasta yang ada di Kabupaten Tangerang, IBI Cabang Kabupaten Tangerang, DP3A, Disdukcapil, Kamenag dan Dinsos Kabupaten Tangerang. 

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga, dr Hj Sri Indriyani, menjelaskan kegiatan ini menjadi salah-satu upaya Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Balita  (AKB).

“Dengan Buku KIA, setiap ibu hamil dan bayi baru lahir hingga 5 tahun, harus memiliki buku ini. Di dalam buku ini tercatat tumbuh-kembang anak di setiap kali melakukan pemeriksaan, baik di rumah sakit, klinik, bidan, puskesmas, bahkan di posyandu,” katanya.

Keberadaan buku KIA akan lebih memudahkan pemeriksaan kesehatan anak dengan melihat perubahan kandungan maupun kondisi kesehatan balita. Karena terdapat catatan setiap melakukan pemeriksaan.

Sebab itu, diwajibkan buku tersebut terus dibawa saat melakukan pemeriksaan kesehatan ibu dan anak, pungkas dr Hj Sri Indriyani.