Puskesmas Gembong Gelar Pembinaan Para Ibu Balita Gizi Kurang

BALARAJA – Meningkatkan pengetahuan para ibu mengatasi masalah balita bergizi buruk dan bergizi kurang di wilayah kerjanya, Puskesmas Gembong menggelar pembinaan kepada para ibu pemilik balita tentang pentingnya asupan gizi bagi balita dengan pemberian makanan tambahan.

Acara dilaksanakan di Aula Puskesmas Gembong, Selasa (16/4/2019), menyertakan 30 ibu yang terkategori memiliki balita bergizi buruk dan bergizi kurang.

Hadir narasumber dr Shelmi Johan yang membahas Nutrisionis di Puskesmas Gembong, Gita Lestari S Gz yang menjelaskan tentang Pentingnya Gizi Terhadap Tumbuh Kembang Balita,  dan Bidan Kustianah memaparkan Bagaimana Merawat Balita yang Baik dan Benar.

Kepala Puskesmas Gembong, dr Shelmi Johan, menjelaskan masih ada ibu balita yang belum mengetahui dan memahami tata-cara pemberian gizi yang baik dan benar kepada balitanya, sehingga menyebabkan balitanya kekurangan gizi, yang lalu bisa pula berujung pada balita bergizi buruk.

“Oleh karena itu, kami mengundang ibu-ibu terkategori memiliki balita gizi kurang untuk mendapat pembinaan,” katanya. Tujuannya agar mereka bisa meningkatkan pengetahuan tentang pemberian gizi ang baik kepada balita, tata-cara pola asuh, dan pemberian makanan tambahan. 

“Di sini juga, mereka diberi pembinaan tentang tata-cara menghadapi balita yang sulit makan dan diajarkan membuat makanan selingan yang bergizi baik,” papar dr Shelmi Johan.

Lebih lanjut disampaikan, dalam kegiatan ini para ibu balita diminta pula untuk bertukar pengalaman tentang masalah yang dihadapi mereka. Tujuannya agar mereka bisa lebih mudah dalam penanganan masalah yang dihadapi sesuai pertukaran pengalaman para ibu-ibu balita.

Selesai acara, para ibu balita pun diberikan PMT berupa biskuit dan F100.