Sebulan Sekali Dinkes Skrining Kesehatan Pegawai Pemda

TIGARAKSA – Menjaga dan mendeteksi jangkitan penyakit kepada para pegawai sedini mungkin, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melakukan skrining pemeriksaan kesehatan kepada para pegawai pemda sebulan sekali.

Kegiatan rutin dilaksanakan Seksi Pencegahan, Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Jiwa (Kesea) pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Kabupaten Tanngerang, di bulan ini bagi para pegawai  di lingkungan Dinas PU Bina Marga, Selasa (9/4/2019).

Mochamad Bachtiar SKM, Kepala Seksi PTM dan Keswa, menjelaskan kegiatan ini diprogram dilakukan untuk mendeteksi secara dini kesehatan para pegawai yang ada di lingkungan Pemkab Tangerang.

“Pelaksanaannya para petugas kesehatan di setiap bulannya berkeliling ke setiap kantor dinas. Hal ini supaya dapat melakukan pencegahan sedini mungkin pada jangkitan penyakit yang mungkin diderita para pegawai,” katanya.

Bila dalam skrining ditemukan ada gejala atau penyakit diidap pegawai, maka si penderita diberikan konsultasi dan bila dianggap perlu disarankan ke puskesmas atau rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjutnya.

Dalam skrining, papar Mochamad Bachtiar SKM, para pegawai diukur tinggi badannya, berat badannya, lingkar perutnya, lingkar badannya, pemeriksaan asam urat, kolestrol dan gula darah.

“Kami pun membuka layanan konsultasi seputar kesehatan dalam skrining ini,” pungkas Mochamad Bachtiar SKM.