Masyarakat Pasar Kemis Disosialisasi Tanggap Bencana Alam

PASAR KEMIS – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan Komisi IX DPRRI menggelar Sosialisasi Penanggulangan Resiko Bencana kepada masyarakat Kecamatan  Pasar Kemis.

Acara digelar Jumat (5/4.2019), dihadiri Marinus Gea SE M.AK, Anggota Komisi IX DPRRI. Dia berharap dengan sosialisasi ini masyarakat bisa mewaspadai, mencegah, dan meminimalisir dampak terjadinya bencana alam.

Semisal bencana banjir yang terjadi di setiap tahunnya, sebenarnya bisa diminimalisir dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan kerja-bakti untuk memperlancar aliran air dari saluran-saluran air ang ada.

Sementara H Toha SKM MSi, Kepala Seksi Surveilans Imunisasi dan Penanggulangan Krisis pada Dinkes Kabupaten Tangerang, mengakui dalam melakukan penanggulangan resiko bencana alam dibutuhkan kesiapsiagaan masyarakat.

“Masyarakat pun harus memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan untuk mencegah atau meminimalisir banjir,”katanya.

Lalu, terakit musibah tanah longsor bisa dicegah dengan mengurangi kegiatan penggalian pasir di beberapa wilayah. Sementara bencana angin puting beliung, memang tidak bisa diduga sebelumnya, tetapi masyarakat memang harus siap-siaga bencana.

Dinas kesehatan sendiri, ungkap H Toha SKM MSi, bila terjadi bencana alam dan jenisnya apapun, selalu siap membantu masyarakat mengatasi dan mengurangi dampak musibah bencana alam yang terjadi.