Diingatkan Pelaku Depot Air Ulang Harus Penuhi Kesehatan

TIGARAKSA – Meningkatkan pengawasan kesehatan pada depot-depot penjualan air bersih isi ulang, jajaran Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, mengundang 40 pelaku usaha depot air untuk diberi pembinaannya.

Acara berlangsung di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Senin (8/4/2019). Kegiatan pembinaan ini dinilai perlu dilakukan karena pertumbuhan penjualan air isi ulang kian hari kian marak di wilayah Kabupaten Tangerang.

Sri Indriastuti W SKM M.Kes, Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, menjelaskan pembinaan yang diberikan bertujuan memberikan pengetahuan kepada para pelaku usaha depot air untuk bisa menjaga kesehatan penjualan airnya dan tempat usahanya, sehingga tak merugikan masyarakat yang mengkonsumsinya.

“Ini perlu dilakukan mengingat dari sejumlah depot air isi ulang yang ada, ternyata masih banyak yang belum memiliki sertifikasi layak izin, yang mewajibkan pelaku usaha memproses pengolahan airnya dengan memenuhi standar kesehatan,” katanya.

Terkait itu, dengan pembinaan inipun pihaknya mendorong para pelaku usaha depot air isi ulang untuk segera membuat Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum.

Dijelaskan Sri Indriastuti W SKM M.Kes, untuk mendapatkan sertifikat tersebut, pelaku usaha depot air harus membuat surat permohonan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dengan mengisi formulir yang sudah disediakan.

Lalu mereka pun harus melengkapi persyaratan yang diminta sesuai petunjuk yang ada.