Bincang Sehat Digelar Bagi Masyarakat Cikupa & Panongan

CIKUPA – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bersama Anggota Komisi IX DPRRI mendampingi Pejabat Kementerian Kesehatan RI mengadakan Bincang Sehat bagi masyarakat Cikupa dan Panongan di Sport Center Citra Raya, Kecamatan Panongan, Senin (8/4/2019).

Sedikitnya 400 peserta turut-serta dalam acara ini, terdiri dari kader kesehatan dan masyarakat Kecamatan Cikupa dan Panongan. Tampil narasumber Drs H Irgan Chairul Mahfiz MSi, Anggota Komisi IX DPRRI dan dr Hj Corah Usman, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Diharapkan dr Hj Corah Usman, kepedulian para anggota DPRRI terhadap dunia kesehatan masyarakat memang perlu terus ditingkatkan, semisal kegiatan sosialisasi kesehatan terhadap masyarakat serupa ini.

“Kegiatan ini bisa menambah pengetahuan masyarakat terhadap dunia kesehatan,” katanya.

Terlebih sampai saat ini masyarakat masih banyak berprasangka kurang baik terhadap pelayanan kesehatan yang ada, semisal berpandangan negatif bila ruang perawata penuh atau obat yang diberikan. Padahal semua layanan kesehatan sudah diberikan sesuai dengan estándar yang ada.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang sendiri, ungkap dr Hj Corah Usman, sekarang sudah memiliki Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) dengan kontak telepon 119. Layanan ini berupa sistem penanggulangan pasien gawat, yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kegawatdaruratan dan mempercepat waktu penanganan (respon time).

“Jadi dengan adanya SPGDT ini masyarakat bisa terbantu dalam penanganan pasien gawat darurat. Tinggal kontak ke 119, nanti petugas akan meresponnya dan siap membantu penanganan pasien selama 24 jam,” ucapnya.