3 Kelompok Toga Ikuti Penilaian Jadi Duta Kabupaten Tangerang

TIGARAKSA –  Terpilih 3 kelompok asuhan mandiri toga mewakili wilayah kecamatan mengikuti Lomba Asuhan Mandiri Pemanfaatan Toga dan Akupresur tingkat Kabupaten Tangerang 2019.

Mereka adalah Kelompok Asuhan Mandiri Toga Kelor dari Kecamatan Pagedangan, Kelompok Asuhan Mandiri Toga Jeruk Purut dari Kecamatan Jambe dan Kelompok Asuhan Mandiri Toga Kedondong dari Kecamatan Rajeg.

Pelaksanaan penilaiannya sendiri sudah dilaksanakan sejak 8 April 2019 kepada 3 kelompok toga itu.

Lela, Pemegang Program Toga dan Akupressur pada Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Tradisional dan Komplementer di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menuturkan kegiatan lomba ini menjadi salah-satu tolak-ukur kegiatan pembinaan yang selama ini dilakukan.

“Karena selama ini para kader sudah mendapatkan pembinaan dari para petugas kesehatan yang ada di puskesmas, mulai dari cara melakukan penanaman toga, semisal penanaman Kencur, Jahe, Kunyit, Sirih, Binahong, Nyaman, Kumis Kucing, dan tanaman obat lainnya,” katanya.

Selain itu, ungkap Lela, mereka juga telah diberikan sosialisasi tata-cara meramu hasil tanaman toga menjadi jamu atau olahan rempah-rempah, sehingga bila dijual bisa menambah perekonomian keluarga.

Para kader juga telah diberikan pembinaan akupressur untuk dapat mengatasi penyakit ringan, semisal migran, batuk, nyeri sendi, mual, tidak nafsu makan, sulit tidur, dan beberapa penyakit ringan lainnya.

Cara pengobatannya dengan mendapat pijatan akupresur dibantu dengan meminum ramuan dari hasil tanaman toga, ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan pemenang dalam lomba ini akan diikutsertakan dalam lomba serupa untuk tingkat Provinsi Banten.