Disosialisasi Produksi Jamu Aman, Bermutu & Bermanfaat

BALARAJA – Meningkatkan kemampuan pelaku usaha obat tradisional untuk menghasilkan produk aman, bermutu dan bermanfaat, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menyelenggarakan Sosialisasi Penggunaan Jamu yang Aman, Bermutu dan Bermanfaat.

Kegiatan digelar dengan bekerjasama Direktorat Produksi dan Distribusi Kefarmasian Kemenkes RI ini juga bermaksud mengedukasi masyarakat tentang Gerakan Nasional Bugar Dengan Jamu (Gemas Bude Jamu) untuk menjaga kesehatan dan kebugaran keluarga.

Acara sendiri dilaksanakan di Lapangan Puputan Cengkudu di RT 05/RW 01 Desa Cengkudu, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Rabu (3/4/2019).

Hadir Anggota DPRRI, Pejabat Bagian Kefarmasian Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, 25 Nakes Puskesmas dan Kader Kesehatan se-wilayah Kabupaten Tangerang, 50 pelaku usaha UJG dan UJR se-wilayah Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hj Corah Usman, dalam acara itu berharap para pelaku usaha setelah mengikuti sosialisasi selanjutnya dapat melaksanakan pemilihan bahan-baku jamu yang alamiah dan masih segar, lalu diproses pembuatannya sesuai syarat higienis, serta peralatannya pun harus bersih dan aman.

“Gunakan botol kaca, karena botol kaca bisa disteril dengan cara direbus,” katanya.

Diharapkan pula dalam proses pembuatan jamu tidak menambahkan bahan kimia obat (BKO), lalu memahami pemanfaatan setiap jamu yang dibuat, serta untuk setiap jamu kemasannya harus ada izin edar dan tanggal kadaluarsanya.

“Hal ini harus benar-benar diperhatikan agar tidak ada masalah di kemudian hari.  Lakukan produksi dengan mengikuti aturan sesuai prosedurnya,” pungkas dr Hj Corah Usman.