Puskesmas Panongan Bentuk Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ)

PANONGAN – Memberikan pengetahuan kesehatan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) kepada masyarakat di Desa Panongan. Selanjutnya Puskesmas Panongan membentuk Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) di balai desa itu.

Acara berlangsung Selasa (26/3/2019) dihadiri Sekretaris Kecamatan Panongan, Kepala Desa Panongan, Kader Kesehatan Desa Panongan, dan tokoh masyarakat.

Tampil narasumber dr Lidya SpKJ dari RSUD Balaraja yang memberi paparan tentang gangguan jiwa dan Mochamad Bachtiar SKM Msi, Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, yang memberi materi pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ).

Setelah memberi materi panjang-lebar, selanjutnya narasumber dan peserta didampingi petugas pemegang program ODGJ Puskesmas Panongan, kader kesehatan dan bidan desa, melakukan kunjungan ke rumah pasien ODGJ yang ada. 

Drs Nanang Suparman MM, Kepala TU Puskesmas Panongan, berharap dengan pembentukan DSSJ, masyarakat akan lebih bisa mewaspadai adanya gangguan jiwa di tengah lingkungannya, sehingga mereka dapat langsung mengambil tindakan yang tepat untuk membawanya ke puskesmas atau ke rumah sakit. 

Lebih lanjut disampaikan saat ini Puskesmas Panongan masih menangani 13 pasien ODGJ yang tersebar di beberapa desa.

“Dalam penanganannya para petugas, selain melakukannya di dalam gedung, juga melayani di luar gedung dengan cara kunjungan ke rumah-rumah pasien,”katanya.

Pelayanan ini dilaksanakan sambil memberi sosialisasi kepada masyarakat di lingkungan tersebut tentang penangan ODGJ, pungkas Drs Nanang Suparman MM.