Peringati Hari TBC Digelar Senam & Sosialisasi Cegah TBC

TIGARAKSA – Memperingati Hari TBC, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerjasama SSR LKNU Wilayah Tangerang menggelar Senam Bersama, Musikalisasi, Sosialisasi Gejala TBC  dan Penanggulangannya, serta door prize bagi peserta.

Acara dilaksanakan Minggu 24 Maret 2019 di Alun-alun Ibukota Tigaraksa. Penyelenggaranya Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Pnyakit (P2P) di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Turut-serta dalam kegiatan ini Kepala Bidang P2P Dinkes Kabupaten Tangerang,  Ketua SSR LKNU Tangerang, para kader kesehatan dari puskesmas-puskesmas se-Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang P2P Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi MARS, menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan untuk memperingati Hari TBC sekaligus menyosialisasikan kewaspadaan TBC kepada masyarakat. “Kegiatan inipun untuk menyongsong pencapaian Bebas Tuberkulosis Tahun 2035.”

Terkait itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang pun akan terus berupaya melakukan pencarian kasus TBC sebanyak banyaknya agar dapat memutus mata-rantai penularannya.

Cara yang dilakukan sendiri yaitu dengan melakukan investigasi kontak penderita TBC menular di masyarakat, melalui data kader TBC terlatih, melakukan penelusuran kasus TBC di RS, klinik dan dokter praktek mandiri dengan mengedarkan Mandatori Notification (kewajiban melapor) yang ditandatangani Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang.

“Juga dilakukan kerja-sama dengan organisasi profesi semisal IDI, PPNI, IDAI, PAPDI,” papar dr Hendra Tarmizi MARS.

Lalu dioptimalisasikan pula peran Public Private Mix (PPM) dalam upaya penanggulangan kasus secara lintas sektoral dan swasta, punkasnya.