Tim Opson I Razia Pangan & Olahan Pangan Tak Sehat

TIGARAKSA – Tim Gabungan Operasi Nasional (Opson) VIII-2019 melakukan razia ketidak-layakan penjualan pangan dan olahan pasang ke Pasar Moderen Intermoda BSD di  wilayah Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Operasi dilakukan Rabu (20/3/2019) dilaksanakan Tim I Opson yang beranggotakan Loka POM, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Karantina Perikanan, serta Kepolisian Resort Tigaraksa.

Razia sendiri melakukan pengawasan atas komoditi pangan segar dan pangan olahan. Petugas mengambil sampel dan melakukan pengujian kandungan berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan masyarakat, yang memang seringkali disalah-gunakan pada pengawetan pangan, semisal Formalin, Borax, Rodamin B, dan Methanil Yellow.

Dari 40 sampel pangan yang diuji menggunakan Rapid Test, terdapat 3 sampel tidak memenuhi syarat kesehatan karena mengandung  Formalin pada panganan jenis tahu dan Rodamin B pada Kue Mangkok.

Selain itu, saat razia pada sarana distribusi obat, tim pun menemukan pengedaran obat keras tanpa kewenangan, toko tanpa izin, dan kosmetik tanpa izin edar.

Muji Harja M.Farm Apt, Kepala Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menjelaskan razia ini akan terus dilakukan dengan cara acak untuk dapat memberikan efek jera kepada para pedagang yang melanggar.

“Masih banyak pedagang yang menjual pangan dan olahan pangan, namun tidak tahu bahan baku olahannya,” katanya.

Untuk itu, mereka akan diberi pembinaannya, sementara tim pun akan menindak-lanjuti penegakan hukumnya ke tempat produksinya. Sedang untuk toko yang menjual obat keras, “barangnya kami sita. Pemiliknya tetap kami beri pembinaan dan diharuskan untuk membuat perizinannya terlebih dahulu, bila ingin membuka toko obatnya kembali,” pungkas Muji Harja M.Farm Apt.