Beberapa Toko Obat Jual Obat & Kosmetik Liar Ditertibkan Tim Gabungan

TIGARAKSA – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerjasama BPOM Kabupaten Tangerang dan Polsek Cisoka menggelar pengawasan ke toko obat dan kosmetik di wilayah Kecamatan Solear dan Kecamatan Cisoka.
Kegiatan digelar Selasa (12/3/2019). Tim menemukan toko tersebut menjual obat terkategori keras tanpa resep dokter dan obat kadaluarsa. Tim pun menilai jenis obat-obat ini sangat membahayakan kesehataan konsumen.
Muji Harja M.Farm Apt, Kepala Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan pada Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Rabu (13/3/2019), menjelaskan dari hasil pengawasan ini ditemukan obat-obatan yang dijual di toko tersebut belum memiliki izin.
“Bahkan mereka pun tidak memiliki tenaga ahli di bidang kefarmasian. Oleh karena itu, kami merekomendasi untuk ditutup atau dihentikan kegiatan penjualan obatnya. Selanjutnya pemilik toko diperingatkan untuk segera mengurus perizinan,” katanya.
Sementara untuk obat-obat kadaluarsa dan tanpa izin edar yang dijual akan dimusnahkan. Untuk obat-obat yang terlarang diamankan pada Kantor BPOM Gading Serpong,” jelasnya.