Puskesmas Kutabumi Terapkan Puskesmas Ramah Anak

PASAR KEMIS – Puskesmas Kutabumi siap meningkatkan pelayanan khusus kepada anak-anak dan remaja sebagai wujud pelaksanaan program Puskesmas Ramah Anak.

Terkait itu jajaran puskesmas inipun telah mendapatkan Pembinaan Puskesmas Ramah Anak dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang yang dilakukan di Aula Puskesmas Kutabumi dengan narasumber dr Sri Indriyani, Kasi Kesehatan Keluarga pada Dinkes Kabupaten Tangerang pada 28 Pebruari 2019.

Kepala Puskesmas Kutabumi, drg Cristina Handar, Sabtu (9/3/2019), mengatakan pembinaan diikuti petugas puskesmas dan beberapa stakeholders yang ada di wilayah kerja puskesmasnya, di antaranya pihak desa/kelurahan, pihak kecamatan, kader-kader kesehatan, dan tokoh masyarakat.

“Dalam kegiatan itu dipaparkan makna puskesmas ramah anak, kecamatan ramah anak, yang ditindak-lanjuti di desa dan di kelurahan,” jelasnya.

Kepala puskesmas berharap pengembangan pelayanan ramah anak tidak hanya diterapkan di puskesmas saja, tetapi juga dapat terwujud di kantor desa/kantor kelurahan, dan kantor kecamatan.

“Harapan kami kalau program kecamatan, desa/kelurahan, dan puskesmas ramah anak sudah terwujud, nantinya akan mampu meningkatkan kesehatan anak, tumbuh-kembang anak dan meminimalisir kekerasan terhadap anak, sehingga tercipta generasi yang cerdas dan sehat,” harapnya.

Diinformasikan program puskesmas ramah anak adalah salah-satu upaya preventif terhadap kesehatan anak. Yaitu dengan puskesmas menyediakan tempat bermain anak, tenaga medis yang melayani dengan ramah, dan pelayanan gizi yang memadai bagi anak-anak, adalah beberapa unsur penting demi suksesnya program puskesmas ramah anak.

Puskesmas Kutabumi sudah mulai menerapkan program pelayanan puskesmas ramah anak sejak 2017, di antaranya dengan ketersediaan ruang bermain anak yang berjarak aman dari ruang tunggu pasien.

Ruang tersebut dilengkapi dengan aneka mainan anak, dindingnya didesain dengan lukisan aneka warna, dan lantainya berwarna-warni sehingga anak-anak nyaman bermain di puskesmas.