3 RS Diajak Belajar Tangani Emergensi Obstetri & Neonatal

TANGERANG – Meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan bayi baru lahir secara berkelanjutan dalam pelayanan emergensi obstetri dan neonatal, 3 pimpinan RS di Kabupaten Tangerang diajak kunjungan belajar dan pembinaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Kegiatan ini dilaksanakan jajaran Seksi Kesehatan Keluarga pada Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dengan mengajak para pimpinan 3 RS berkunjung belajar ke RSU Kabupaten Tangerang di Jl A Yani, Kota Tangerang, Selasa (26/2/2019).

Kunjungan Pertama atau biasa disebut K1 dilakukan bersama jajaran RS Hermina Bitung, jajaran RS Keluarga Kita dan jajaran RS Mulia Insani. Setiap RS menyertakan direktur, perwakilan manajemen, dokter spesialis obgyn, dokter spesialis anak, kepala ruangan material, kepala ruangan peringatan dan kepala ruangan IUGD.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga, dr Hj Sri Indriyani, menjelaskan jajaran pimpinan tiga RS ini mendapat bimbingan dan pengamatan langsung tentang pelayanan emergensi obstetri dan neonatal dari jajaran RSU Kabupaten Tangerang yang memang telah menjadi pusat rujukan jenis layanan ini.

Diungkapkan ketiga RS swasta ini sebenarnya telah pula mendapat bimbingan di tahun 2016 dengan mengajak mengunjungi beberapa RS berbeda.

“Kunjungan kali ini dilaksanakan sebagai lanjutan dengan materi pendampingan klinis oleh Tim Mentor RSU Kabupaten Tangerang,” kata dr Hj Sri Indriyani.

Dari kunjungan ini, diharapkan para peserta memperoleh gambaran komprehensif dalam upaya peningkatan mutu/kualitas penanganan kegawatdaruratan material dan neonatal.

“Selanjutnya pimpinan tiga rumah sakit ini bersedia memberikan dukungan, berkoordinasi, dan berpartisipasi dalam melakukan perbaikan emergensi obstetri dan neonatal di rumah sakitnya masing masing,” harap dr Hj Sri Indriyani.