Puskesmas Kutabumi Dibina Jadi Puskesmas Santun Lansia

PASAR KEMIS – Puskesmas Kutabumi mendapatkan pembinaan program Puskesmas Santun Lansia yang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang di Aula Puskesmas Kutabumi, Selasa (19/2/2019).

Program Puskesmas Santun Lansia adalah program untuk peningkatan pelayanan puskesmas terhadap para lansia. Meliputi pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang lebih menekankan unsur proaktif, kemudahan proses pelayanan, dilayani secara santun, sesuai standar pelayanan, dan bisa bekerja-sama dengan unsur lintas sektor.

Kasi Kesehatan Keluarga pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Sri Indriyani, mengungkapkan pada dasarnya pembinaan dilakukan kepada sejumlah puskesmas di Kabupaten Tangerang guna mempersiapkan puskesmasnya bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada lansia.

“Diberikan pembinaan dan penjelasan program Puskesmas Santun Lansia sesuai dengan standar dan syarat-syarat yang sudah ditentukan,” ujar dr Indri, sapaan akrab dr Sri Indriyani.

Beberapa bentuk kesantunan pada lansia, misalnya melayani lansia dengan senyum, ramah, sabar dan menghargai sebagai orangtua. Lalu bersifat proaktif dan responsif terhadap permasalahan kesehatan lansia, dan kemudahan akses layanan bagi lansia baik prosedur layanan maupun fasilitasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Kutabumi, drg Cristina Handar, mengaku siap meningkatkan pelayanan di puskesmasnya untuk para lansia. Di antaranya melakukan pembenahan puskesmas dari layanan di loket, di poli lansia, serta peningkatan sarana-prasarana dan SDM-nya.

“Dalam waktu dekat ini sarana-prasarana mungkin yang bisa kita benahi, mengingat Puskesmas Kutabumi  rencananya pada 2020 mau direlokasi,” imbuhnya.