450 Kader MKIA Disosialisasi Gunakan Buku Saku Pedoman

TANGERANG – Sedikitnya 450 Kader Motivator Kesehatan Ibu dan Anak (MKIA) Tingkat Desa/Kelurahan se-Kabupaten Tangerang mendapat Pembinaan dan Sosialisasi Penggunaan Buku Saku Kader MKIA.

Kegiatan ini dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di Aula Pendopo Kabupaten Tangerang di Jl Kisamaun, Kota Tangerang, Kamis (21/2/2019).

Kader MKIA merupakan satuan kerja dari Forum Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FOPKIA) yang berada di tingkat desa/kelurahan. Sementara di tingkat kecamatan ada FOPKIA Kecamatan dan di tingkat kabupaten ada FOPKIA Kabupaten Tangerang.

Dituturkan dr Sri Indriyani, Kasi Kesehatan Keluarga pada Dinkes Kabupaten Tangerang, ratusan kader MKIA tersebut diberikan pemahaman penggunaan Buku Saku Kader MKIA yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan pendampingan kepada ibu hamil di wilayahnya masing-masing, terutama yang memiliki risiko tinggi.

Dalam pelaksanaannya, para ibu hamil akan mendapat pendampingan kader untuk memeriksakan kehamilannya di setiap sebulannya ke puskesmas. “Tujuannya agar ibu hamil mendapat perhatian dan pendamping dari kader, serta mendapat pengawasan kesehatannya dari pihak puskesmas,” ujarnya.

Melalui pembinaan ini diharapkan para ibu hamil dapat bersalin di puskesmas, yang pada akhirnya akan bisa mengurangi angka kematian ibu dan anak pada saat melahirkan